Apa Instagram Itu??


Diluncurkan sejak Oktober 2010 Instagram muncul sebagai social photo sharing khusus iDevices, terutama iPhone. Beberapa waktu lalu Instagram merayakan upload foto ke-150 jutanya.

Mobile photography  tengah melanda masyarakat dunia.

Kenapa?

Simpel. Kamera mobile phone memang sangat kurang dibanding kamera profesional. Kadang blur dan gambar tak jelas. Uniknya, justru disitulah menariknya. Sisi terburu-buru yang jadi bagian tak terpisahkan dari jepret moments.

Efek foto yang telah didevelop dan termasuk fitur Instagram juga jadi daya tarik tersendiri. Dramatisasi makin kentara sesuai dengan tema foto. Hasilnya pun makin indah dibandingkan foto aslinya.

“Ide fotografi mobile adalah cepat, cantik, dan ceria. Kami sadar hasil kamera mobile phone sangat minimalis, jadi kami membuat filter dan tools untuk memperindah hasil foto,” sebut Kevin Systrom, salah satu founder Instagram, yang dilansir Telegraph.

“Kadang kami ingin membagi momen foto tersebut dengan teman-teman di jejaring sosial yang telah ada. So, kami membuat social network khusus yang fokus untuk foto dan gambar tentang apa pun yang kita lakukan,” sambung Systrom lagi.

Instagram sekarang memiliki 8 juta user. Systrom dan timnya sendiri sedang membuat versi kedua untuk aplikasi iPhone. Dan ternyata bukan cuma iDevices.

“Android juga jadi prioritas terbesar kami. Di website sederhana kami orang harus selalu terpaku dan terkesan dengan kejadian menarik di sekitar kita,” ucap Systrom.

 

Instagram bukan satu-satunya aplikasi editing dan filtering foto. Beberapa di antaranya CameraBag dan Hipstamatic.

Cerita tentang Hipstamatic sendiri cukup menarik. Terinspirasi dari kamera tua Rusia dikembangkanlah kamera Hipstamatic 100 yang dirancang 2 jurnalis bersaudara dari Wisconsin. Hingga sekarang kamera Hipstamatic tak pernah eksis dan para jurnalis itu tak punya bukti-fisiknya.

Mungkin itu hanya mitos, sama dengan cerita Lomography. Systrom mengaku aliran fotografi yang menggunakan film tertentu yang sudah kadaluwarsa sangat mempengaruhi pembuatan filter Instagram.

Dan segala filter dan aplikasi editing itu dikecam banyak fotografer profesional.

 

Sumber : Gopego.com

Komentar Yang Sopan, Selalu saya Tunggu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s