Shelter, Ketika Kenyataan Dibantah oleh Supranatural


Saya kutip dari JagatReview Hollywood memang kurang piawai dalam membuat film horor yang menampilkan penampakan hantu dan sejenisnya. Jika dibandingkan negara Asia, seperti Jepang, Korea, Thailand, dan Indonesia, menurut saya, hantu Hollywood dianggap tidak berhasil memberikan sensasi merinding dan keringat dingin saat menyaksikannya. Namun, untuk urusan film-film dengan sentuhan action dan teknologi tingkat tinggi, Hollywood tentu jagonya. Pemikiran inilah yang membuat saya sempat skeptis ke film yang satu ini saat pertama kali mendapat undangan preview-nya.

Shelter berkisah tentang kasus yang sedang dihadapi seorang psikiater, Cara (Julianne Moore). Ayahnya yang juga seorang psikiater, Dr. Harding (Jeffrey DeMunn), memperkenalkan Cara kepada pasiennya, Adam (Jonathan Rhys Meyer). Adam menunjukkan tanda-tanda memiliki banyak kepribadian karena beberapa kali menunjukkan identitas yang berbeda. Cara memiliki pendapat yang berbeda dengan ayahnya dan bersikukuh kalau teori multiple personalities tidak pernah ada. Seiring berkembangnya kasus tersebut dan semakin banyaknya fakta yang terungkap, Cara menemukan bahwa semua nama dan kepribadian yang diaku Adam pernah benar-benar hidup. Keputusan Cara untuk menyelidiki kasus ini membuatnya terjerumus terlalu dalam yang menyebabkan terancamnya keselamatan keluarganya. Belakangan, Cara juga menemukan fakta bahwa kasus tersebut ada hubungannya dengan caranya memandang hidup dan kepercayaan yang diyakininya dan keluarganya. Siapakah Adam? Mengapa ia bisa mengetahui begitu banyak tentang kepribadian orang lain dan menirunya sedemikian rupa?

Julianne Moore Always Outstanding!

Saya menemukan kemiripan antara Julianne Moore dengan Jodie Foster: keduanya selalu tampil memukau di film apa pun! Jadi, saat mengetahui bahwa film ini akan dibintangi Julianne Moore sebagai tokoh utama, saya cukup excited. Di tiap filmnya, aktris berumur 50 tahun ini selalu berhasil membawakan karakter yang diperankannya dengan sangat memukau, membuatnya tidak memiliki batasan akan jenis karakter yang mampu diperankannya. Di film ini, ia pun tampil begitu prima dan semakin membuat saya terkagum!

Film ini masuk ke dalam genre horor dan thriller karena memiliki banyak sisi gelap—yang diwakili oleh karakter Adam, David, dan Wesley yang diperankan sekaligus dengan sangat baik oleh Jonathan Rhys Meyer—yang cukup membuat penonton gelisah, tegang, dan kebingungan. Alurnya yang cepat juga membuat penonton sedikit kewalahan untuk memahami betul inti permasalahan yang sebenarnya ingin disampaikan film ini. Fakta-fakta baru terungkap dengan sangat cepat, yang membuat kesimpulan yang sempat saya dapatkan diawal menjadi bias dan membuat saya harus memikirkan kesimpulan baru.

Di sinilah letak keseruan menyaksikan film ini. Anda akan mendapatkan sensasi suspense yang akan “menggelitik” adrenalin Anda. Oleh karena film ini bukan sepenuhnya film horor yang menghadirkan penampakan hantu ala Hollywood, saya cukup menikmatinya dan dengan mantap menyatakan bahwa film ini layak tonton. Enjoy the movie!

Tanggal rilis:
13 Juli 2011 (INA)
Genre:
Horor, thriller
Durasi:
112 menit
Sutradara:
Måns Mårlind, Björn Stein
Pemain:
Julianne Moore, Jonathan Rhys Meyer, Jeffrey DeMunn, Frances Conroy, Nathan Corddry, Brooklynn Proulx
Studio:
NALA Films

Komentar Yang Sopan, Selalu saya Tunggu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s