Hijaukan Bumi, Dengan Smartphone


Minum Cendol dulu gan, jangan lupa sundul nih blog.

Seiring dengan semakin populernya isu pemanasan global, banyak orang mulai untuk menerapkan berbagai cara untuk dapat membuat bumi tetap lestari. Semua lini kehidupan manusia termasuk teknologi juga tidak luput dari tren pelestarian lingkungan ini.

Dalam dunia teknologi seluler, pelestarian lingkungan umumnya diukur dengan standar tertentu, misalnya apakah bahan baku produk mengandung logam-logam berat yang berbahaya atau tidak, seberapa mudahnya kemaan terurai oleh lingkungan, dan sebagainya.

Salah satu wujud kepedulian pelaku teknologi selular ialah dengan diciptakannya beberapa jenis ponsel yang berbahan netral atau lebih ramah lingkungan dan bisa dihidupkan tanpa harus disambungkan sumber listrik. Beberapa vendor seluler ternama dunia seperti Samsung, LG, serta Motorola tercatat sudah meluncurkan beberapa jenis ponsel yang bahan bakunya adalah bahan daur ulang, kemasan yang menggunakan ringkas dan dibuat dari kertas daur ulang dan juga bisa beroperasi dengan tenaga sinar matahari.

Di antara berbagai produk ponsel ramah lingkungan tersebut, baru-baru ini sebuah tipe ponsel yang  bertenaga surya dilempar ke pasar oleh pabrikan dari Jerman yang bergerak dalam bidang olahraga: Puma. “Puma Phone”, begitulah nama produk baru ini. Dengan berbalur nuansa warna oranye di dalamnya, ponsel pintar Puma ini nampak tidak jauh berbeda dari ponsel kebanyakan. Segmen pasar yang menjadi sasaran adalah para pengguna ponsel yang memiliki gaya hidup aktif (secara digital dan fisik).

Sesuai dengan gaya hidup yang aktif, fitur unggulannya ialah pengisi daya bertenaga surya (dapat dipastikan untuk orang-orang dengan hobi beraktivitas di luar ruangan), pemutar musik, pelacak GPS, serta desain yang kokoh dan sederhana namun elegan.Fitur Puma yang paling menonjol dan dibanggakan tentu saja panel tenaga surya yang ada di sisi belakangnya. Menurut keterangan vendor pordusen Puma, panel surya ini cukup dihadapkan ke sinar mentari untuk dapat terisi baterainya. Tercatat beberapa fitur canggih sudah terakomodasi di dalam ponsel pintar Puma, seperti fitur PUMA WORLD yang memungkinkan pengguna berhubungan lewat jejaring sosial, berita multimedia, aplikasi PUMA yang bisa diunduh, serta aksesoris untuk ponsel Puma. Fitur pelacak olahraga (sport tracker) juga bisa menemani pengguna saat mereka berlari, mendaki, main ski, atau bersepeda. Fitur unik ini melacak seberapa keras pengguna berolahraga dan menggunakan GPS sebagai pelacak lokasi. Peta GPS dan kompas 3 dimensi juga bisa digunakan saat berada di alam bebas. Hebatnya, fitur-fitur standar lain juga tidak ditinggalkan seperti layar sentuh 2,8 inchi, percakapan video, kemampuan mengakses surat elektronik, permaban dunia maya, kamera 3,2 MP (kamera panggilan video beresolusi VGA) dan perekam video, pemutar MP3 yang cukup dioperasikan dengan menggeser, kalkulator sarkastis, dan kemampuan berbagi gambar yang praktis antaraponsel Puma.

Kabarnya ponsel pintar bertenaga surya ini diluncurkan ke pasar Eropa baru-baru ini (Juli 2010) dengan banderol harga EUR 399 . Demi menguatkan citra ramah lingkungan, produsen Puma Phone mengemas ponsel dalam kemasan yang ramah lingkungan pula. Menurut keterangan produsen, jika Anda ingin mengoperasikannya untuk satu jam dan 30 menit untuk memutar musik atau sekitar 30 pesan singkat, Anda harus ‘menjemur’ ponsel ini selama satu jam. Pengguna bahkan bisa melihat berapa banyak penggunaan panggilan telepon, musik, dan pesan singkat yang telah ditenagai oleh matahari. Ponsel yang sangat menarik bukan?

Komentar Yang Sopan, Selalu saya Tunggu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s