Personal Opinion : Angga Dwimas Sasongko Sutradara Web Series dan Film Yang Bertutur humanis


https://i0.wp.com/cdn.klimg.com/muvila.com/resources/news/2015/04/08/7659/592x342-sutradara-filosofi-kopi-the-movie-bagaikan-jadi-ahli-kopi-150408f.jpg

saya mulai mengenali sutradara ini dari karyanya filosofi kopi. jujur saya rasa dia sutradara kalem yang memiliki visi yang luar biasa “liar”. cara dia bertutur sangat luar biasa tapi masih dalam suasana yang alami yang tidak dipaksakan. itulah yang membuat saya tertarik dengan karyanya dan secara personal tentang gagasan dia. dia tetap melekatkan elemen yang cantik dibalik gagasan besar dan kuat yang dia utarakan setiap filmnya. cara dia menampilkan identitasnya pun suka. dia pernah bilang musik adalah elemen utama yang membuat cerita dan saling terkait. gagasan yang tidak umum inilah yang mungkin jarang diangkat director lain yang membuat dia menarik.

karena dia benar-benar memberi effort yang besar dalam menata musik dalam filmnya, seperti pemilihan lagu “filosofi & logika – Glenn fredly ft Monita tahaela“, “Semesta – Maliq & D’essentials” untuk filosofi kopi. atau lagunya “Tom Rosenthal – Go Solo” dalam web Seriesnya Axelerate serta pemilihan lagu lain yang kayanya cukup membuktikan seleranya. dan hal itu tetap konsisten di film selanjutnya. dibarengi itu dia juga konsisten memadukan movement, serta ambience adegan juga benar-benar dia perhatikan. satu lagi selera musik dia dalam memilih lagu cukup oke dalam memasukan ke filmnya. ada beberapa sutradara yang cukup saya perhatikan memiliki selera bagus seperti rizal mantovani, Christopher nolan, james Gunn dengan pemilihan lagunya “awesome volume mix” Guardians of galaxynya , atau ben stiller dalam film secret life of walter mitty memilih lagu-lagunya david bowie, & of monster & men. lalu di film reality bites dengan “Stay – Lisa Loeb” dan masih banyak lagi. intinya kalau nonton film Angga itu paket lengkap.

filmnya cantik memiliki gagasan yang kuat, dan tetap berkesan lama setelah nonton. dia juga mendirect beberapa web series di youtube. beh kualitas banget juga webseriesnya. padat visi dan dan penuturan yang baik. terus kalau saya lihat kadang dia juga menitipkan visi filmnya ke sutradara yandi laurens. yang cara pengarahan dan sense of movienya kaya cita rasanya angga.

Related image

1. Filosofi Kopi 1 & 2
Sulit memisahkan kedua karya ini dengan sepak terjang dari angga. film ini menurut yang saya lihat effort angga memang sudah gede banget karena berani meriset film ini bahkan sebelum penulis naskah dan pemainnya. lalu dia juga sampai melakukan voting dan sayembara buat penentuan bagaimana rupa dan tampilan ben ini semakin menyedot rasa penasaran. secara cerita, kelogisan, pemilihan soundtrack, dan adaptasi film ini solid sekali dalam penyampaian makna dan secara estetikanya.

Image result for bukaan 8

2. Bukaan 8
Awal saya kira film ini keluar hanya seperti rom-com (Romantic Comedy) biasa ala-ala film indonesia yang klise. ternyata waktu ga sengaja baca di internet yang mendirect angga. wah langsung cari-cari infonya. ceritanya tentang lika-liku pasangan muda yang istrinya akan melakukan proses kelahiran, semua itu diramu dengan berbagai kelucuan, kebingungan, dan berbagai topik yang lagi hangat tanpa mengganggu ceritanya. kayanya bagus soalnya sampe payung teduh bikin aransemen khusus salah satu lagunya. se-effort itukah angga menata musik di filmnya. pembukaan di film ini memang sekilas seperti drama ala-ala indonesia. namun seiring berjalan film ini semakin intens menyuarakan berbagai hal yang berbau indonesia dan kekinian banget tapi di ramu dengan cara yang unik ala angga. semakin berahir ada twist yang cukup bikin sedikit tersenyum dan film ini ditutup dengan cantik dan penuh semangat.

3. Axelerate
Kalau yang judul ini berangkat dari sebuah tipe film pendek yang dijadikan web series atau ber episode. ceritanya tentng 3 artis dalam menaklukan zona nyaman mereka dan menceritakan usaha mereka. lalu tentang gagasan apa yang harus kita lakukan setelah menaklukan tantangan terbsesar dalam hidup kita. jujur mungkin ini cerita terbaik dari film yang udah di arahkan angga. cerita begitu solid menyatu dengan naskahnya. dan keterkaitan antar episode yang begitu kuat. gagasan dia tentang bagaimana hidup harus ditaklukan, diteruskan dan diperjuangkan disampaikan secara baik. khusus buat cewek jajaran castnya pasti akan sangat menarik yaitu chico jerricho, Keenan Pearce, Arifin Putra. nah jangan salah castnya idaman cewe tapi naskah ceritanya macho banget buat cowo. jadi menurut saya ini perpaduan yang sangat pas.

nah dari berbagai film diatas sebenarnya masih ada beberapa film bagus yang belum saya bahas seperti Surat dari Praha, Cahaya dari timur, atau web series “Sore” yang ada sedikit sentuhanya mas angga. tapi mungkin bisa saya lanjut bahas di komentar kalau ada yang penasaran sama persepsi saya tentang film sisanya. terus lagi nunggu juga film wiro sableng yang katanya bakal dia produser i juga. kayanya bakalan menarik.

Iklan

Komentar Yang Sopan, Selalu saya Tunggu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s